Cara Membuat Riset Pasar: 15 Langkah (dengan Gambar)

Riset pasar adalah bagian penting dari riset pasar yang mengukur emosi dan preferensi pelanggan di pasar tertentu. Riset pasar dari semua ukuran, desain, dan tujuan adalah salah satu data utama yang digunakan bisnis dan organisasi untuk memutuskan produk dan layanan apa yang akan ditawarkan dan bagaimana memasarkannya. Langkah-langkah ini mengajarkan dasar-dasar menulis survei pasar dan memberikan tip untuk memaksimalkan hasil Anda.

akses ke pasar yang tepat

Nyatakan tujuan riset pasar Anda. Sebelum Anda mulai merencanakan, tentukan tujuan riset pasar Anda. Apa yang Anda ingin tahu? Apakah Anda ingin mengevaluasi penerimaan pasar terhadap produk baru Anda? Anda ingin tahu seberapa efektif pemasaran Anda dapat menjangkau pembeli target Anda. Apa pun tujuan Anda, ingatlah tujuan yang jelas.

Misalnya, bayangkan Anda memiliki bisnis yang menjual dan memperbaiki komputer. Tujuan menggunakan survei pemasaran adalah untuk mengetahui berapa banyak mahasiswa di perguruan tinggi setempat yang mengetahui bisnis Anda dan seberapa besar kemungkinan mereka akan membeli produk atau layanan Anda untuk pembelian atau perbaikan komputer berikutnya.

Tentukan dan tentukan basis, jangkauan, dan skala pasar Anda. Sebelum melakukan survei untuk pasar tertentu, Anda perlu mengetahui pasar mana yang Anda bidik. Pilih parameter geografis dan demografis, pilih pelanggan berdasarkan jenis produk, dan lihat berapa banyak orang di pasar.

Persempit riset pasar Anda menjadi daftar pendek data yang diinginkan, seperti kebiasaan membeli atau pendapatan rata-rata.

Untuk situasi bisnis perbaikan komputer yang disebutkan di atas, ini sangat mudah. Anda akan mencari siswa. Tetapi Anda dapat fokus pada siswa berpenghasilan tinggi atau mereka yang paham teknologi dan mampu membeli sesuatu dari Anda.

Putuskan aspek pasar mana yang ingin Anda pelajari. Itu benar-benar tergantung pada tujuan pemasaran Anda dan ada banyak pilihan di luar sana. Jika Anda memiliki produk baru, Anda mungkin ingin memeriksa seberapa populer atau diinginkan produk tersebut di pasar tertentu. Mungkin Anda ingin mengetahui kebiasaan membeli orang-orang tertentu di pasar, seperti kapan, di mana, dan berapa harganya. Pastikan Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda ketahui.

Tunjukkan juga jenis informasi yang Anda inginkan. Pelanggan dapat mengajukan pertanyaan kualitatif tentang informasi yang tidak dapat diukur secara langsung dalam angka, seperti apakah mereka memiliki saran untuk meningkatkan produk atau layanan Anda. Alternatifnya , Anda dapat mengajukan pertanyaan kuantitatif yang menyediakan data input numerik atau kuantitatif, seperti bertanya pada skala 1 hingga 10 terkait dengan kemanjuran produk .

Anda mungkin juga ingin lebih spesifik tentang apa yang memotivasi pelanggan Anda sebelumnya untuk membeli produk Anda. Dalam hal ini, ajukan pertanyaan spesifik kepada pembeli baru (dalam sebulan terakhir) tentang pengalaman pembelian mereka dan bagaimana mereka mempelajari produk tersebut. Anda dapat meningkatkan apa yang menurut pelanggan Anda berhasil dan memecahkan masalah yang mereka hadapi.

BACA JUGA :  Menyelenggarakan Indonesia-Singapore Business Forum, Platform Perdagangan Digital Tiga Negara ASEAN

Perbaikan komputer, misalnya, mungkin berfokus pada berapa kali pelanggan kembali ke layanan Anda atau berapa banyak pelanggan baru yang menggunakan layanan Anda dibandingkan dengan pesaing.

Cari tahu di mana dan kapan Anda dapat menjangkau pelanggan di pasar Anda. Survey dapat dilakukan di mall atau di jalan, melalui telepon, online ( online ), atau melalui email ( e-mail ). Hasil dapat bervariasi berdasarkan tanggal dan tahun. Pilih metode dan waktu yang paling sesuai dengan penelitian Anda.

Saat menjangkau pelanggan Anda, pikirkan tentang audiens target Anda. Audiens dapat berupa audiens demografis yang telah ditentukan sebelumnya atau sebagian dari pelanggan sebelumnya.

Pikirkan tentang tujuan Anda, terutama ketika berpartisipasi dalam survei online. Saluran online mungkin tidak dapat diakses oleh target pasar Anda, terutama jika Anda sedikit lebih tua.

Misalnya, perusahaan perbaikan komputer dapat memutuskan untuk mewawancarai siswa secara langsung dari lokasi pusat di kampus, atau secara online melalui situs web yang sering mereka kunjungi.

Pilih jenis pemindaian yang ingin Anda gunakan. Survei dapat dibagi menjadi dua kategori umum: kuesioner dan wawancara. Satu-satunya perbedaan antara kedua kuesioner adalah siapa yang mencatat informasi responden. Dalam kuesioner, responden mencatat jawaban mereka atas pertanyaan. Di sisi lain, pewawancara menulis apa yang dikatakan pewawancara oleh responden. Anda juga memiliki pilihan lain tentang bagaimana melakukan survei Anda secara online dan secara langsung. Survei dapat dilakukan secara individu atau kelompok.

Survei dapat dilakukan secara tatap muka, online atau online. Wawancara dapat dilakukan secara tatap muka atau melalui telepon.

Survei sangat bagus untuk mendapatkan jawaban atas riset pasar dan pertanyaan non-publik. Namun, biaya pencetakan kuesioner bisa tinggi, dan kuesioner dapat membatasi kemampuan responden untuk mengungkapkan pikiran mereka.

Wawancara memungkinkan orang yang diwawancarai untuk mengajukan pertanyaan lanjutan untuk lebih memahami ide-ide responden. Namun, cara ini membutuhkan waktu lebih lama untuk jamu.

Survei kelompok dapat menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan hasil karena responden dapat bekerja sama untuk memberikan jawaban yang lebih berguna atas pertanyaan Anda.

Pertimbangkan platform survei online. Platform survei online menyediakan cara yang terjangkau untuk mengatur survei dan hasilnya. Cari platform online ini dan bandingkan platform yang Anda temukan untuk menilai platform mana yang menawarkan alat yang tepat untuk survei Anda. Pastikan platform yang Anda pilih adalah platform survei yang memiliki reputasi baik. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah target pasar Anda adalah ahli teknologi komputer agar survei online menjadi efektif.

BACA JUGA :  Budi Karya Sumadi: Proyek LRT Akan Dilunasi Setelah Proyek Selesai.

Platform bereputasi dan terkenal termasuk SurveyMonkey, Zoomerang, SurveyGizmo, dan PollDaddy.

Dapatkan hasil terbaik

Pilih ukuran sampel. Ukuran sampel harus valid secara statistik untuk memberikan hasil yang andal. Anda dapat melakukan subsampel (misalnya “pria”, “18-24 tahun”, dll.). Untuk mengurangi risiko konsekuensi yang cenderung mengakibatkan jenis orang tertentu.

Persyaratan ukuran sampel tergantung pada keakuratan hasil yang diinginkan. Semakin besar ukuran pemindaian, semakin dapat diandalkan hasilnya. Misalnya, ukuran survei 10 peserta memiliki margin kesalahan yang sangat besar (sekitar 32%). Ini berarti bahwa data pada dasarnya tidak dapat diandalkan. Namun, ukuran sampel 500 memiliki tingkat kesalahan yang rendah sebesar 5%.

Jika memungkinkan, minta peserta untuk melaporkan informasi demografis dalam survei. Informasi ini dapat bersifat umum atau khusus tergantung pada preferensi Anda. Anda harus memberikan pertanyaan-pertanyaan ini di awal survei.

Namun, saya memperingatkan Anda bahwa banyak orang menghindari survei yang meminta informasi pribadi.

Misalnya, sebagai pemilik bisnis perbaikan komputer yang tercantum di atas, Anda mungkin ingin mewawancarai sejumlah siswa yang signifikan secara statistik.

Siapkan daftar pertanyaan dengan jawaban yang akan memberi Anda data yang Anda butuhkan untuk riset pasar Anda. Pertanyaan Anda harus jelas dan spesifik. Buat setiap pertanyaan menjadi sangat jelas dalam kata-kata sesedikit mungkin.

Jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan ide pelanggan yang nyata, fokuslah untuk membuat pertanyaan terbuka yang dapat ditanggapi oleh pelanggan dengan ide mereka sendiri daripada meminta peringkat atau menawarkan beberapa opsi.

Namun, jika Anda menginginkan hasil numerik, pastikan jawaban Anda mencerminkannya. Misalnya, Anda dapat meminta peserta untuk menilai produk atau layanan dalam skala 1 hingga 10.

Ciptakan cara untuk mengukur jawaban yang Anda terima. Saat menanyakan preferensi, Anda dapat meminta responden untuk mengurutkan perasaan mereka secara numerik atau menggunakan kata kunci. Jika Anda meminta uang, gunakan serangkaian nilai. Jika jawabannya deskriptif, Anda dapat mengelompokkan respons ke dalam kategori dengan menentukan cara mengelompokkan respons tersebut setelah survei selesai.

Misalnya, Anda dapat menanyakan kepada siswa seberapa sering mereka mengunjungi toko komputer di Level 1 hingga 10, atau jenis aksesori komputer apa yang paling mereka butuhkan, bergantung pada jenis informasi yang mereka butuhkan.

Identifikasilah variabel-variabel yang mungkin dapat memengaruhi hasil Anda. Biasanya variabel ini meliputi sifat orang-orang yang mungkin akan menjawab survei. Untuk mendapatkan hasil yang tidak berat sebelah, Anda harus mengetahui cara mengurangi pengaruh orang-orang ini.

BACA JUGA :  Cara Membeli Perusahaan Tanpa Mengeluarkan Uang (dengan Foto)

Misalnya, sebagai pemilik bisnis komputer, Anda bisa melakukannya dengan menyaring partisipan sebelum survei. Jika Anda merasa bahwa pelanggan Anda banyak yang merupakan siswa teknik

Minta seseorang untuk mengikuti survei. Untuk memastikan bahwa pertanyaan Anda bermakna, jawaban yang Anda terima mudah diukur, dan Anda dapat dengan mudah menyelesaikan survei, ambil bagian dalam survei kecuali Anda mungkin telah memberikannya kepada teman atau kolega bersama dengan kasus bisnis Anda. jangan lakukan itu. Khusus untuk latihan, cek berikut ini bersama teman atau kolega.

Survei tidak panjang atau rumit.

Survei tidak membuat asumsi yang tidak masuk akal tentang target pasar Anda.

Survei mengajukan pertanyaan dengan cara yang paling langsung.

Buat survei Anda sendiri

Pilih periode dan lokasi survei. Anda harus memilih kelompok waktu dan tempat yang paling mungkin menghasilkan sampel terbesar. Atau, jika survei dilakukan secara online, posting di tempat yang menurut Anda akan menjadi audiens yang paling ditargetkan, atau kirimkan survei ke penerima email yang kemungkinan besar akan menyelesaikan survei.

Untuk survei online, Anda hanya perlu menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi survei (berapa lama waktu yang dibutuhkan responden untuk menyelesaikan survei).

Untuk bisnis komputer, misalnya, bayangkan pasar mahasiswa teknik yang sibuk dengan praktikum sepanjang hari. Oleh karena itu, Anda harus menjadwalkan pemindaian sebelum atau setelah periode operasi ini.

Jika Anda menggunakan survei, periksa kembali formulir survei. Tinjau formulir beberapa kali dan minta orang lain untuk melakukan hal yang sama. Survei tidak boleh lebih dari 5 menit dan berisi pertanyaan yang sangat mudah dijawab.

Terapkan kuesioner unik untuk memaksimalkan ukuran sampel dan akurasi respons. Anda mungkin perlu mengikuti survei lebih dari sekali atau di beberapa lokasi untuk mendapatkan hasil yang komprehensif. Pastikan survei tetap sama untuk setiap survei pada waktu dan tempat yang berbeda. Jika tidak, hasil survei Anda mungkin berbeda.

Misalnya, pemilik bisnis komputer dapat memilih beberapa lokasi dan memilih tanggal survei untuk siswa dengan jadwal berbeda.

Analisis hasilnya. Catat respons numerik dan urutkan dalam tabel sambil rata-rata dan menganalisis respons tinggi atau rendah. Baca dengan cermat dan analisis tanggapan terhadap pertanyaan terbuka untuk mendapatkan gambaran tentang tanggapan dan gagasan peserta. Meskipun laporan tersebut hanya untuk penggunaan pribadi, atur informasi Anda ke dalam laporan yang merangkum hasilnya.

Periksa respons untuk mendapatkan penawaran bagus dari pelanggan. Komentar yang mengesankan, kreatif, atau positif dapat digunakan kembali untuk iklan perusahaan di masa mendatang.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *